BPS Maluku Lakukan SP2020 Lanjutan Bagi 45 Ribu KK 

KBRN, Ambon : Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku akan mengadakan sensus penduduk lanjutan (longform) tahun 2022 kepada 45 ribu kepala keluarga yang merupakan sampel di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku. 

Kepala BPS Provinsi Maluku Asep Riyadi dalam dialog di Pro1 RRI Ambon, Kamis (19/5/2022) menjelaskan, SP 2020 lanjutan ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2022. Dimana untuk wilayah Kota Ambon dilakukan melalui computer assisted personal interviewing (CAPI), sementara 10 kabupaten/kota lainnya melalui  pencil and paper interviewing (PAPI) atau kuisioner.

"Bagi masyarakat yang terpilih sebagai sampel, mohon untuk menerima petugas BPS. Sebelumnya kami juga sudah melakukan sosialisasi," ujar Asep Riyadi.

Menurutnya, SP 2020 lanjutan bertujuan untuk memperkirakan jumlah distribusi, komposisi penduduk serta memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi).

Kemudian, sumber data dari indikator angka kematian ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, serta menjadi sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.

SP 2020 lanjutan kata Riyadi, akan digarap oleh 832 orang petugas lapangan yang telah direkrut BPS Maluku.

"Variabel yang akan disurvei dalam SP 2020 lanjutan ini meliputi  karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, mortalitas, dan perumahan," jelas Asep Riyadi.

Ia pastikan, SP 2020 lanjutan ini juga menjangkau masyarakat di pedalaman yang termasuk sebagai sampel.

Disamping itu untuk keamanan data yang dikumpulkan oleh BPS akan dijaga, baik data yang dikumpulkan secara online maupun offline atau melalui kuisioner, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait isu keamanan data atau kebocoran data.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar