Puluhan Perempuan UMi di Ambon Dibekali Literasi Keuangan

KBRN, Ambon :  PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Ambon kembali mengadakan pelatihan bertajuk “Literasi Keuangan untuk Perempuan Umi” diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Ambon, Sabtu (22/1/2022). 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan yang dirancang tiga entitas yang tergabung dalam holding ultra mikro, BRI, Pegadaian dan PNM, dalam mendampingi segmen ultra mikro di Indonesia, khususnya di Maluku.

Kepala PNM Cabang Ambon, Ridul Akbar, kepada wartawan usai pelatihan mengatakan kegiatan dalam upaya pengembangan kapasitas usaha ini diberikan kepada 50 nasabah PNM Mekaar Cabang Sirimau.

Dimana selain menerima pelatihan, puluhan nasabah PNM juga diberikan kemudahan melalui produk BRI yakni pembukaan rekening Simpedes UMi dengan saldo Rp 0 dan tanpa biaya administrasi bulanan. Sementara dari Pegadaian, nasabah diajak untuk berinvestasi melalui tabungan emas serta adanya kemudahan untuk dapat melakukan kredit kendaraan roda dua dengan angsuran kecil.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan literasi keuangan guna pengembangkan kapasitas usaha dari nasabah. Dimana sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM melalui program pemberdayaan ini, tidak hanya mengedukasi namun juga memfasilitasi layanan keuangan," jelasnya.

Menurutnya, pelatihan ini tidak hanya menjangkau nasabah PNM di Kota Ambon, tetapi juga Kabupaten Seram Bagian Barat,  Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru, dan Buru Selatan.

Usai pelatihan literasi keuangan tambah Ridul Akbar, para nasabah juga akan diberikan pelatihan lanjutan berupa tata cara memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta pemanfaatan media sosial sebagai marketing tools. 

"PNM memiliki paket komplit pendampingan usaha. Dimulai dari pembentukan motivasi usaha, literasi keuangan, pemasaran online, packaging, hingga klasterisasi usaha yang berdasar kesamaan jenis usaha maupun wilayah," tambahnya. 

Diharapkan, melalui pendampingan dan pelatihan berkelanjutan, dapat mendorong pelaku usaha ultra mikro menjadi lebih besar.

Pelatihan yang digelar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut, diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi para nasabah pemenang doorprize.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar