Kios-Kios Ini Belum Ditempati Pedagang Mardika, Mahalkah?

KBRN, Ambon : Puluhan kios yang berjejer di sepanjang Jalan Pantai Mardika yang bersebelahan dengan Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon, hingga Senin (17/01/2022), belum juga ditempati pedagang.

Tidak diketahui, penyebab para pedagang enggan menempati kios-kios yang beberapa diantaranya sudah diisi pedagang pakaian tersebut, namun beberapa pedagang yang dikonfirmasi RRI mengaku tidak sanggup membayar ongkos sewa.

"Talalu mahal om, katong (kita) zen (tidak) sanggup sewa. Katong bajual ni untung cuma sadiki (sedikit), belum lagi bayar retribusi, katong di pinggir jalan jua," ujar salah satu pedagang buah yang lapaknya tergusur pada saat penertiban beberapa waktu lalu.

Sementara itu, salah satu pedagang yang dijumpai RRI pada salah satu los yang berjejer di sekitar kios, mengaku menyewa tempat tersebut dengan harga Rp15 juta.

"Los ini, beta masuk deng harga sewa Rp15 juta. Semua los harga sama. Kalau kios, beta kurang tahu pasti, tapi dengar-dengar harga sewa Rp20 juta. Mungkin itu yang bikin pedagang rasa barat," ujar salah pedagang los.

Sebelumnya, dalam aksi demo di Kantor DPRD Kota Ambon beberapa waktu lalu, pedagang buah asal Leitimur Selatan mempersoalkan harga sewa kios dan los yang mencekik antara Rp15 juta hingga Rp20 juta. 

Kepada wakil rakyat mereka memastikan tidak sanggup membayar sewa kios dan los, sehingga mereka mengatakan akan terus menggelar barang dagangan di lokasi yang sudah digusur, karena tempat jualan mereka tidak mengambil badan jalan dan tidak menimbulkan kemacetan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar