Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Resmi Hadir di Kota Ambon

KBRN, Ambon: PLN Regional Sulmapan (Sulawesi, Maluku, Papua) siap menyongsong era kendaraan listrik dengan digelarnya Peresmian serentak Stasiun Pengisian Kendaraan listrik Umum Regional Sulmapna yakni Manado, Kendari, Ambon, Labuan Bajo, Mataram dan Jayapura.

Di Ambon, berlokasi di Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon teptnya di PLN UP3 Ambon, Wali Kota Ambon Rhicard Louhenapessy bersama General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk _Electric Vehicle_ (EV) _Charging_ khususnya Mobil Listrik pertama di Maluku dan Maluku Utara.

Peresmian SPKLU_Electric Vehicle, ditandai dengan acara gunting pitah, yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian listrik (Charging) ke mobil listrik yang telah disediahkan.

Wali Kota Ambon Rhicard Louhenapessy mengatakan, hadirnya mobil listrik di kota Ambon merupakan hal yang sangat baik, seiring dengan era teknologi saat ini. 

Kata Louhenapessy, Pemerintah kota Ambon mendukung dan memberikan suport kepada PLN. 

"Jadi setiap lima tahun itu kan, Wali Kota harus punya mobil dinas baru. Jadi kalau pakai mobil listrik ini, lebih baik, karena hemat dan juga tidak mencemarkan udara, tapi kan saat ini belum ada mobil listrik tipe yang cocok untuk mobil Dinas Wali Kota, ucapa Louhenapessy kepada wartawan, Senin (17/01/2022).

Menurut Walkot, mobil listrik ini memiliki banyak keuntungan dan pastinya saat ini, diwilayah timur Indonesia terutama di Kota Ambon, dapat memiliki mobil listrik sama seperti masyarakat di pulau jawa.

"Kalau dulu kita hanya melihat saja, sekarang ini sudah bisa miliki, karena bisa serentak dengan mereka yang di jawa,"kata Wali Kota.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara dalam sambutannya mengatakan dengan hadirnya SPKLU ini diharapkan dapat meningkatkan pengguna Mobil Listrik di Kota Ambon, sehingga dapat meningkatkan penggunaan energi bersih dan lebih ramah lingkungan di Kota Ambon ini sendiri.

Adapun SPKLU yang dihadirkan di Ambon ini adalah _EV Charger_ jenis _Fast Charging_ dengan daya 50 kilo watt (kW). Dengan menggunakan _EV Charger_ ini, para pengguna mobil listrik dapat melakukan pengisian kendaraan listriknya hingga 100 % selama 45 menit dari posisi 0 %.

Pengisian melalui _EV Charger_ di SPKLU ini pun memakan waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan _home charging_ atau pengisian daya di rumah yang dapat memakan waktu hingga 6 jam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar