Bank Indonesia Ajak Masyarakat Belanja Secara Bijak

KBRN,Ambon: Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk bijaksana dalam berbelanja. Khususnya membeli berbagai barang kebutuhan pokok, utamanya jelang hari besar keagamaan salah satunya Natal.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, One Yusril Fikar,  dengan belanja secara bijak ini maka sejatinya masyarakat sudah berpartisipasi dalam menjaga kestabilan harga.

"Maksudnya beli saja sesuai kebutuhan. Jangan membeli terlalu banyak karena reaksi inilah yang justru menjadi penyebab kenaikan harga,” kata Yusril.

Menurutnya, setiap hari besar keagamaan, selalu terjadi kenaikan harga yang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor psikologis. Ada suatu ekspektasi bahwa harga pasti naik sehingga sebagai pihak merespon dengan cara membeli dalam jumlah banyak di saat harga masih rendah.

"Jadinya, setiap tahun selalu ada kenaikan harga yang tentunya menyulitkan masyarakat sendiri," katanya.

Bank Indonesia selaku koordinator Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Pemerintah Provinsi, bekerja sama dengan instansi terkait berupaya menjaga kestabilan harga, terutama dalam mengelola ekspektasi masyarakat tehadap harga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar