Stok Bapok di Maluku Dalam Kondisi Aman

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku, Poly Jamlean

KBRN, Ambon : Guna memastikan stok kebutuhan pokok tersedia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi Covid-19, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku intens melakukan pemantauan stok bahan pokok pada distributor maupun ritel modern di Kota Ambon.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku, Poly Jamlean kepada RRI menjelaskan, dari pemantauan pada 21 distributor dan 20 ritel modern lokal di Kota Ambon hasilnya menunjukan rata-rata stok dan ketahanan bapok masih tersedia hingga dua bulan kedepan.

"Ketahanannya stok bapok itu cukup. Apalagi kapal tiap minggunya selalu masuk dan memasok kebutuhan masyarakat," ujar Jamlean.

Koordinasi pun intens dilakukan dengan sentra produksi serta empat operator pelayaran di Maluku yakni spil, temas, tanto dan meratus guna memastikan distribusi berjalan lancar demi terjaganya ketahanan pangan di Provinsi Maluku ditengah situasi pandemi Covid-19.

"Kita juga mengandalkan kapal perintis maupun kapal-kapal tol laut dalam mendistribusikan bapok ke daerah-daerah terluar di wilayah Maluku," jelas Jamlean.

Ditambahkan, Provinsi Maluku selama ini mengandalkan pasokan kebutuhan pokok dari empat sentra produksi. Dimana Jawa Timur menjadi daerah pemasok terbanyak, dengan menyuplai kebuhan pokok seperti beras, gula, tepung terigu, susu, telur maupun bawang. Diikuti pasokan dari Bitung, Sulawesi Utara berupa sayuran dataran tinggi yakni kol, wortel dan kentang, sementara komoditi yang ekspor dari Sulawesi Selatan berupa cabai dan bawang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00