Pemasaran Produk Lokal Saatnya Jadi Perhatian

KBRN,Ambon: Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi nasional, pemasaran produk lokal perlu mendapat perhatian.

Perhatian itu jelas DR Hadi Basalamah, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP)Provinsi Maluku, dimulai  dari sisi produksi hingga konsumsi, sehingga dapat mempengaruhi daya beli konsumen.Dengan begini, ekonomi nasional bisa kembali pulih.

"Perkembangan dan pemasaran produk lokal milik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)  di Maluku tetap menjadi perhatian kami,"terang Basalamah dalam Dialog Aspirasi Maluku di RRI Ambon, Senin (279/2021) pagi.

Diakui, walaupun UMKM siap melakukan ekspor tetapi masih mengalami berbagai kendala seperti minimnya pengetahuan pasar luar negeri, konsistensi kualitas dan kapasitas produk seperti label produk termasuk sertifikasi, hingga kendala logistik.

"Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak,kami akan dorong UMKM di Maluku mampu pasarkan produk hingga ke luar negeri,"terangnya.

Pelaku UMKM saat ini juga tambah Basalamah, didorong untuk memanfaatkan peluang kemitraan dengan usaha besar. Dalam hal ini, TGPP Provinsi Maluku siap memfasilitasi kemitraan Usaha Menengah dan Besar (UMB) dengan UMKM termasuk Koperasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan level usaha dari pelaku UMKM

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00