BI Ajak Masyarakat Maluku Gunakan Transaksi Non Tunai

KBRN,Ambon: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang, menghimbau masyarakat untuk lebih bertransaksi menggunakan pembayaran non tunai, guna mencegah penularan Virus Corona atau Covid-19 yang kian mewabah.

Manulllang memastikan, uang tunai yang beredar di tengah masyarakat saat ini, telah melalui serangkaian pengecekan dan higienis.

"Namun, kami tetap mengajak warga untuk lebih sering bertransaksi secara non-tunai sebagai bentuk mitigasi wabah virus corona,"ujar Manullang, Senin (14/6/2021)

KPw BI Provinsi Maluku mencatat, dalam situasi pandemi Covid 19,  proses transaksi non tunai masyarakat di daerah ini mengalami peningkatan.Transaksi non tunai khususnya pengiriman uang sejak 2020, naik menjadi 250 persen bandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 150 persen.

Dari sisi kliring juga naik 20 persen dibandingkan periode sebelumnya yang hanya 10 persen, termasuk transaksi e-commerce juga turut naik sekitar 40 persen.

"Ini artinya, di Maluku transaksi non tunai sudah mulai berjalan baik,"ungkapnya

Sistem transaksi yang terus disosialisasikan KPw BI Provinsi Maluku yaitu QRIS (Quick Response Indonesia Standar). QRIS adalah barcode atau QR dapat digunakan melakukan pembayaraan atau pembelian dengan cara non tunai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00