Harga Kebutuhan Pokok di Ambon Stabil

KBRN, Ambon : Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional, Kota Ambon cenderung stabil dan tidak ada kenaikan harga yang signifikan dari sejumlah bahan pokok, Senin (14/06). 

Pantauan RRI.co.id di pasar Mardika dan pasar Batumerah, Kota Ambon, harga bahan pokok masih stabil sejak pekan kemarin, meski ada beberapa komoditi yang harganya masih tinggi seperti cabai rawit yang dijual Rp60.000 per kilogram.

Sementara komoditi lainnya seperti cabai keriting dijual Rp 45.000 per kilogram, tomat Rp 14.000 per kilogram, bawang merah Rp 35.000 per kilogram dan bawang putih Rp 30.000 per kilogram.

Ani, salah seorang pedagang pasar Mardika mengaku, stabilnya harga karena pasokan lancar dan stok tetap tersedia dalam memenuhi permintaan masyarakat selaku konsumen.

Namun untuk harga sayur-mayur lanjut Ani, masih melambung karena banyak sayuran yang mengalami gagal panen, karena daun membusuk dan gugur ditambah biaya produksi yang membengkak, sehingga mempengaruhi harga jual petani ke para pedagang, dan pedagang ke konsumen.

"Semua stabil meski cabai masih cukup mahal. Lalu sayur saja yang paling mahal. Labu siam yang biasanya Rp 200.000 per karung, kini Rp 350.000 per karung. Sementara terong biasanya Rp 180.000 per karung, kini Rp 300.000," jelas Ani.

Sementara itu, Koce (55) kepada RRI.co.id usai membeli beberapa kebutuhan dapur berharap, pemerintah tetap menjaga kestabilan harga komoditi dengan cara memasok kebutuhan secepatnya ketika stok mulai menipis, sehingga konsumen atau masyarakat tidak khawatir bahkan mengeluh akan kenaikan atau fluktuatifnya harga kebutuhan pokok. 

"Tidak apa-apa sayur mahal, yang penting harga bawang, cili dan lainnya tetap stabil begini. Kalau sayur mahal, lalu kebutuhan lainnya mahal lagi itu akan menyulitkan kita selaku masyarakat, jadi pemerintah harus pantau harga dan stok. Apalagi masih corona ini agar masyarakat tidak khawatir," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00