Manuver Lapangan Terkait Search & Rescue oleh Bakamla serta Unsur Kemaritiman

KBRN, Ambon : Direktur Latihan (Dirlat) Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Sandy M. Latief mengatakan, setelah dibekali selama 2 (Dua) hari  para personil pun melakukan manuver atau aksi langsung terkait operasi pencarian dan penyelamatan SAR di wilayah Zona Timur tepatnya di Perairan Teluk Ambon dengan tetap menaati protokol kesehatan pada Kamis, (26/11).

"Saat simulasi, semua memerankan sesuai bagiannya masing-masing dan terlihat kerjasama antar personil yang merupakan buah dari latihan yang dijalankan," Kata Latief.

Harapannya, ilmu terkait Search and Rescue mampu dipahami  para personil yang terlibat baik dari Bakamla, Basarnas, Dit. Polair, TNI AL, KKP hingga KPLP sehingga dalam pengaplikasiannya demi misi kemanusian dapat berjalan dengan baik. Selain itu sinergitas ini Lanjut Latief, akan tetap terbangun bahkan diupayakan pelatihan kesiapan SAR akan direfresh per tiga bulan sehingga lebih memperdalam kemampuan personel.

"Koordinasi tetap terbangun lewat tugas pokok yang tetap dijalankan oleh Bakamla maupun unsur kemaritiman lainnya," ujar Latief.

Kesempatan yang sama, Instrukstur Pencarian dan Pertolongan Fredy Piris menuturkan, dalam praktik manuver lapangan pihaknya merealkan keadaaan dengan Bakamla sebagai staf leader dan berperan dalam mengelola kru untuk melaksanakan kegiatan pertolongan hingga evakuasi.

Olehnya itu, sinergitas yang dibangun harus tetap terjaga, kendati upaya Search and Rescue (SAR) dapat berjalan baik jika ada dukungan semua unsur.

"Basarnas sendiri tentu tidak bisa, sehingga harus ada kerja dengan semua elemen diantaranya Bakamla," tutup Piris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00