Calon Kepala Sekolah Wajib Miliki STTPP

KBRN, Bula : Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi tiap calon kepala sekolah (Kepsek). STTPP itu sendiri baru bisa diperoleh jika seorang guru telah dinyatakan lulus mengikuti diklat calon kepsek yang diselenggarakan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan melalui direktorat pendidikan profesi dan pembinaan guru dan tenaga kependidikan (Dit. PPPGTK).

Untuk memenuhi tuntutan itu, Dikbudpora Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Rabu siang (21/10) menggelar diklat penguatan Kepsek, melibatkan kepsek dari lima belas kecamatan. Bertempat di Surya Hotel Kota Bula, kegiatan itu dibuka Plt Kepala Dinas Sidik Rumalowak, menghadirkan penceramah dan instruktur dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, LPMP Maluku dan Universitas Pattimura Ambon.

“Saya minta semua peserta yang hadir mengikuti sungguh-sungguh kegiatan ini, mencermati dengan serius semua materi yang disajikan. Harapan saya semoga semuanya bisa lulus miliki STTPP saat evaluasi diakhir kegiatan,” ungkap Rumalowak dalam arahannya saat membuka acara tersebut.

Kegiatan diklat ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi kepsek sesuai tugas dan fungsinya, mendorong kepsek menciptakan sekolah merdeka untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik yang bermuara pada terwujudnya kebahagian peserta didik (students wellbeing).

Kegiatan diklat ini dilaksanakan dalam bentuk tatap muka (moda luring), meski di beberapa daerah lain masih harus dilakukan secara virtual. Sesuai jadwal diklat berlangsung selama lebih kurang lima hari, peserta diklat diuji mengikuti dua kali tes yakni tes awal dan tes akhir setelah sebelumnya mengikuti materi mata diklat yang disajikan.

Untuk menentukan kelulusan, peserta dinilai berdasarkan Nilai Unjuk Kerja (NUK), Nilai Pengetahuan (NP) dan Nilai Sikap (NS). NUK merupakan nilai kemampuan peserta dalam menyelesaikan suluruh tugas yang ditagihkan. NP diperoleh dari nilai tes akhir yang dikerjakan oleh peserta. NS diperoleh dari nilai keaktifan yang dikerjakan oleh peserta. Sedangkan NS diperoleh dari nilai keaktifan, disiplin, dan kemandirian.

Peserta yang akan mendapatkan STTPP wajib peroleh hasil capaian sesuai predikat, telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan diklat penguatan kepsek., memenuhi kehadiran minimal 95% dan menyelesaikan seluruh tugas dan tagihan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00