PJS Bupati SBT : Saya & ASN Wajib Netral Di Pilkada

KBRN, Bula : Bukan saja ASN pada jajaran birokrasi di lingkup Pemda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dirinya selaku penjabat sementara (PJS) bupati juga wajib netral dalam Pilkada yang dihelat pada 09 Desember mendatang.

Pernyataan itu ditegaskan Hadi Sulaiman menanggapi maraknya spekulasi berita ditengah masyarakat yang kerap mengaitkan dirinya selaku PJS Bupati dengan politik kepentingan yang meruncing di daerah saat ini. Birokrat senior di Pemprov maluku ini bahkan menyebut dirinya tidak segan-segan mengambil sikap tegas jika kedapatan ada ASN apalagi yang menduduki jabatan struktural sengaja ikut bermain dalam politik prakris.

“Baik saya sebagai PJS Bupati dan seluruh aparatur ASN disemua jajaran lingkup Pemkab SBT harus netral dan bebas pada keberpihakan dalam politik praktis, itu amanat undang-undang. Saya akan tetap berintegritas, siapa yang melanggar akan kita tindak sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya kepada wartawan di Bula, Senin (28/09).

Secara konstitusional tugasnya selaku PJS Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan bersama-sama dengan DPRD, dalam setiap kebijakan yang hendak diambil harus lebih dahulu mendapat persetujuan mendagri melalui gubernur. Integritas dan komitmennya dalam menjaga netralitas ASN pada Pilkada nanti tidak perlu diragukan.

Oleh sebab itu dalam menjaga eksistensi ASN agar bebas dari kepentingan politik praktis, dirinya meminta partisipasi dan keterlibatan semua elemen masyarakat dalam ikut mengawasi  praktik penyelenggaraan pemerintahan yang digalakkan olehnya termasuk pergerakan para ASN. Sementara itu untuk memudahkan tugasnya dalam mengkordinir ribuan ASN di daerah ini, dirinya telah memutuskan memberi delegasi wewenang kepada Sekda untuk mengorganisir dan mengawasi ASN melalui masing-masing pimpinan OPD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00