BMKG Maritim Gelar SLCN, Picu Produksi Perikanan Kurangi Laka Laut

KBRN, Ambon : Guna meningkatkan pemahaman informasi cuaca dan iklim untuk para nelayan,  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon menggelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Tahun 2020 dengan melibatkan 25 peserta terdiri dari 5 penyuluh dan 20 orang perwakilan kelompok nelayan dari 5 (Lima) Desa di kecamatan Nusaniwe, Kota ambon, Senin, (21/09).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Ambon, Steven Bernard Patty usai membuka SLCN mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasiasi kegiatan yang digagas BMKG Maritim. Kendati mampu meningkatkan pemahaman, keterampilan dan pengetahuan nelayan dalam mengakses informasi cuaca maritim guna  antisipasi cuaca dan iklim yang ekstrim yang berujung pada meningkatnya produksi hasil tangkapan maupun budidaya serta menjamin keselamtan para nelayan.

"Kebanyakan nelayan di Ambon ini nelayan tangkap. Dengan pelatihan ini berarti kita sudah menyiapkan sumberdaya nelayan untuk antisipasi ada perubahan iklim dan sebagainya. Sehingga mereka tahu, kapan waktu yang tepat untuk melaut khusunya nelayan tangkap dan kapan waktu panen untuk nelayan budidaya," ujar Kadis.

Sementara itu Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan kendati pandemi covid-19 sehingga SLCN tahun 2020 hanya menyasar kelompok nelayan di Kecamatan Nusaniwe. Namun dipastikan Usai Pendemi semua Nelayan di Maluku akan digiring untuk memahami informasi terkait cuaca dan iklim seperti peringatan dini maupun ketinggian gelombang sebagai acuan meminimalisir terjadinya kecelakaan laut, kendati informasi cuaca maritim adalah jantung strategi perikanan.

"Info cuaca sudah masif kita sampaikan, melalui BPBD,KSOP, RRI dan lainnya. Namun nelayan kita inikan masih berangkat dari tempatnya masing-masing. Sehingga kegiatan SLCN ini, mereka bisa menjadi duta bagi kelompoknya terkait informasi yang kita sampaikan dan dampak bencana di laut dapat diminimalisir," kata Ashar.

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) digelar dari tanggal 21-23 September 2020 bertempat di aula Kantor Kecamatan Nusaniwe dengan mengusung tema  "Aman di Laut, Nelayan Sejahtera Indonesia Maju". Bersamaan dengan SLCN Provinsi Maluku yang dipusatkan di Ambon, Deputi Bidang Meterologi BMKG Guswanto,Msi juga  membuka SLCN di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00