Masuk PSBB Transisi III, Pedagang Pasar Mardika Akan Diswab Massal

KBRN, Ambon : Walikota Ambon Richard Louhenapessy memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan memberlakukan PSBB Transisi III, mulai 17 Agustus 2020. Kepastian itu disampaikan Walikota Richard kepada insan jurnalis di Negeri Amahusu, Kamis (13/08/2020) sore, usai prosesi penutupan pencarian WNA asal Amerika Leila Cara Marie yang hilang di laut Ambon.

Menurut walikota, selama PSBB  Transisi III, Pemkot Ambon akan meningkatkan pengawasan pada tiga sektor yang dianggap rawan  penularan, yakni  Pasar, Restoran atau Rumah Kopi dan  Perkantoran. Tiga klaster ini menjadi titik fokus pemerintah untuk menekan laju pandemi Covid di Kota Ambon.

Sehubungan dengan itu, telah ada kesepakatan dengan TNI Polri untuk menggelar bakti sosial di Pasar Tradisional Mardika dan Batumerah. Bakti sosial dimaksud salah satunya adalah melakukan rapid dan swab massal di pasar-pasar tadisional, dan jika kedapatan ada yang positif maka akan ditindaklanjuti dengan protap kesehatan.

"TNI Polri sudah berencana melakukan swab atau rapid massal di pasar tradisional, kalau ada yang kedapatan maka kita akan mengambil langkah-langkah  pengamanan," tegas walikota.

Dsri data yang dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Provinsi Maluku, update terakhir tanggal 13 Agustus 2020, terjadi penambahan 39 kasus positif Covid, di mana 38 kasus ditemukan di Kota Ambon dan 1 kasus terjadi di Kabupaten Maluku Tengah.

Sebelumnya, pada Rabu 12 Agustus 2020, sebanyak 20 positif baru ditemukan di Maluku, dimana semuanya berasal dari Kota Ambon.  Dengan demikian, hingga 13 Agustus 2020, total positif Covid di Maluku tercatat sebanyak 1406 kasus, sembuh 909 orang dan yang masih dirawat 472 orang. Jumlah yang meninggal tercatat sebanyak 25 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00