Ini Penyebab Pensiunan PNS Sering Terlambat Terima Uang Pensiun

Ilustrasi : ASN di Maluku saat mengikuti upacara

KBRN, Ambon : Sejumlah pensiunan PNS di wilayah Maluku mengalami keterlambatan menerima uang pensiun yang sedianya diterima setiap bulan. 

Hal ini dikarenakan adanya kesalahan administrasi pelaporan pensiun dari Badan Kepegawaian Daerah kabupaten/kota setempat kepada Badan Kepegawaian Nasional. 

Diungkapkan Kepala PT.Taspen Cabang Ambon, Surya Mustafa temuan keterlambatan penerimaan pensiun hingga enam bulan lamanya sering dilaporkan para pensiunan. Lambannya penerbitan SK pensiun menjadi alasan. 

"Taspen sebagai penyedia layanan bagi para pensiunan PNS, TNI dan Polri hanya membantu memfasilitasi agar para pensiunan dengan cepat menerima hak mereka," ujarnya Minggu (9/8/2020).

Selaku pimpinan Taspen Ambon, Surya mencoba mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi selama bertahun-tahun kepada pimpinan daerah setempat.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan SDM Kabupaten Maluku Tengah, Jo Tuarita mengaku sering mendapat laporan keterlambatan penerimaan pensiun. 

Itu terjadi akibat adanya kesalahan data pribadi para pensiunan. Sehingga saat SK terbit terjadi kesalahan. Pengurusan perbaikan SK pensiun diakuinya cukup memakan waktu, karena pengiriman berkas ke BKN Regional maupun BKN Pusat harus dikoreksi lagi. 

"Jadi kebanyakan para PNS itu sebelum pensiun mereka kurang perhatikan data pribadinya. Nah setelah pensiun dan SK sudah terbit terjadi kesalahan. Nah perbaikan itu waktunya cukup lama," paparnya

Sedangkan, untuk akses penerimaan dana pensiun menurutnya sejauh ini tidak ada kendala. Karena layanan perbankan sudah mencakup semua wilayah di Maluku Tengah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00