Masih Nihil, Tim SAR Gabungan Segera Menyisir Perairan Pesisir Ambon

KBRN, Ambon : Tim SAR gabungan Basarnas, Lantamal IX Ambon, TNI - AD, Polairut dan sukarelawan akan segera menyisir peraiaran di sekitar Pulau Ambon menyusul belum ditemukannya  Mrs Leila Chlara Marie, WNA asal Amerika Serikat yang hilang saat melakukan diving (menyelam) di Pantai Tirta Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Sejak dilaporkan hilang di laut pada Jumat (07/08/2020) lalu, tim SAR gabungan langsung beraksi dengan  melakukan patroli dan penyelaman di dasar perairan Negeri Amahusu. Namun upaya pencarian selama dua hari berturut-turut gagal menemukan korban, bahkan tak ditemukan satu pun tanda-tanda yang memberi petunjuk keberadaan WNA berusia 57 tahun tersebut.

Seperti yang dilakukan pada hari ketiga, 09 Agustus 2020, tim SAR gabungan sejak pukul 11.10 WIT melaksanakan patroli di sekitar perairan Amahusu namun tidak membuahkan hasil.  

Selanjutnya pada pukul 11.40 WIT dilakukan brifing oleh Serma Ttu Samsul dan  pada pukul 11.50 WIT, 20 personil tim selam gabungan Lantamal Ambon, TNI-AD, Pol Airut, Basarnas dan sukarelawan turun melakukan penyelaman di dasar perairan.

Namun hingga pukul 12.45 WIT, korban belum juga ditemukan. Setelah makan siang, pada pukul 14.30 WIT, sebanyak 4 orang tim relawan turun melakukan diving, disusul tim diving TNI - AL, Basarnas dan Tagana yang berjumlah 9 orang pada pukul 14.55 WIT, namun hingga pukul 16.20 WIT, mereka kembali tanpa hasil.

Padahal, upaya pencarian telah diperluas  sampai ke Tanjung Negeri Eri dan Batu Pantai Lubang, dan kedalaman selam ditingkatkan dari 30-40 meter pada hari sebelumnya, menjadi 58 meter pada hari ketiga. 

Korban hilang diduga mulai besok atau hari keempat akan terapung ke permukaan air sehingga rencana pencarian akan  dilakukan dengan menggunakan kapal Basarnas, Pol Airud dan kapal perhubungan, dengan titik fokus pada air pertengahan, permukaan air dan pesisir pantai .

Hadir di lokasi pencarian pada hari ketiga antara lain Sekertaris Kota Ambon, Dandim 1504 Ambon, Danyon Marinir Lantamal IX Ambon, Wadir Pol Airud Polda Maluku, Kepala BNPB Provinsi, Kasad Pol PP, Tim Pengawas dari Kantor  Imigrasi Ambon dan Danramil Nusaniwe

Mrs Chlara Marie dan temannya Kevin Scott diketahui  terakhir kalinya mendatangi Kantor Imigrasi di kawasan Kudamati Ambon pada tanggal 14 Juli 2020 untuk melaporkan diri.

Status dari kedua WNA tersebut adalah pasangan teman dan bukan suami Isteri. Dari Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, mereka  melakukan perjalanan ke Pulau Ambon pada Maret 2020 dengan kapal layar pribadi Aquabago untuk berwisata dan menyelami surga bawah laut Maluku.

Namun ketika mereka akan kembali ke Raja Ampat, pandemi Covid 19  memaksa pemerintah daerah menutup pintu-pintu masuk (laut dan darat), termasuk di Papua Barat, hingga mereka memilih bertahan dalam kapal layar yang berlabuh di Negeri Amahusu selama kurang lebih 3 bulan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00