BMKG Geser: Waspadai Gelombang 3 Meter di Perairan SBT Pekan Ini

KBRN, Bula : Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Kelas III Geser kembali  mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca  dan prakiraan gelombang di perairan Seram Bagian Timur (SBT), 6 - 12 Juli 2020. Warga diminta waspada dengan selalu mengupdate informasi cuaca dari BMKG sebelum melakukan aktivitas.

Prakirawan BMKG Geser Edy Wibowo dalam rilisnya kepada RRI, Selasa (08/072020)  menyebutkan secara umum kondisi cuaca di wilayah Seram Bagian Timur untuk tujuh hari ke depan kebanyakan berawan hingga hujan ringan.    

Kondisi angin pada ketinggian 3000 feet menunjukkan tidak adanya pola gangguan cuaca yang signifikan, namun ada peningkatan suhu permukaan laut di wilayah perairan Seram Bagian Timur sebesar 0.5° - 2°C sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Diingatkan Wibowo,  angin pada pekan ini berhembus dari arah timur - tenggara dengan kecepatan 10 - 45 km per jam dan ini menyebabkan tinggi gelombang  di perairan Seram Bagian Timur sepanjang pekan ini masuk dalan katagori sedang hingga tinggi, 1.0 – 3.0  meter. 

Kondisi gelombang  seperti ini menurut Kepala BMKG Geser Cipta Utama sangat berbahaya bagi keselamatan perahu nelayan maupun armada transportasi lokal, sehingga warga diingatkan untuk berhati-hati dalam melakukan aktvitas, terutama aktivitas melaut.

Diharapkan, masyarakat terus mengupdate perkembangan informasi cuaca dari BMKG karena pertumbuhan awan hujan yang disertai dengan angin kencang berpotensi meningkatkan tinggi gelombang, lebih-lebih pada saat memasuki puncak musim timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00