Pasar Mardika "Pilot Project" Tatanan Kehidupan Baru

Suasana Pasar Mardika ditengah Pandemi Covid-19

KBRN, Ambon : Pasar Mardika Kota Ambon yang selama ini menjadi pusat kerumunan warga, dan lengah menerapkan physical distancing malah dijadikan sebagai percontohan Tatanan Hidup Baru oleh Pemerintah Kota Ambon. 

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menuturkan, Kota Ambon menjadi satu-satunya wilayah zona merah covid-19 di Maluku. Empat kabupaten/kota lainnya adalah zona hijau dan bersiap-siap menerapkan Tatanan Hidup Baru. Meski demikian, Richard tidak berkecil hati, karena Pasar Mardika yang merupakan pasar central di Kota Ambon dijadikan percontohan di era Tatanan Hidup Baru. 

Menurut Politisi Golkar ini, istilah New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru tidak ada bedanya dengan kehidupan sebelumnya. Yang membedakan Era Baru lebih mendisiplinkan masyarakat dengan gaya hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Nantinya setelah penerapan Tatanan hidup Baru di Pasar Mardika. Pasar akan ditata lebih baik, disiapkan pintu masuk dan pintu keluarnya. Inyinya lebih teratur terutama protokol kesehatan," ujarnya, Senin (1/6/2020).

Erna, salah satu ibu rumah tangga di Kota Ambon mendukung penerapan Tatanan Hidupan Baru di Pasar Mardika. Erna yang hampir setiap hari berbelanja di pasar mardika ini mengaku masih banyak pedagang yang berjualan tidak memperdulikan protokol kesehatan.

"Cukup resah juga kalau ke pasar, kami sudah pakai masker dan ikuti protokol kesehatan tapi kondisi di pasar biasa saja seperti tidak ada pandemi virus corona," akunya. 

Dengan penerapan Tatanan Hidup Baru, Erna optimis perlahan-lahan dapat merubah perilaku masyarakat menjadi lebih bersih dan sehat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00