Camat Bula : Kades Wajib Laporkan Mobilitas Warga Tiap Hari

KBRN, Bula : Upaya pencegahan Covid 19 terus digalakkan pemerintah pada semua level, tak terkeuali Kecamatan Bula. Langkah pemerintah kecamatan setempat dalam mencegah terjangkitnya virus yang sedang mewabah di berbagai belahan dunia itu melalui upaya prefentif dengan memotong rantai penularannya di masyarakat.

“Saya sudah instruksikan semua kepala desa dan dusun untuk memonitor, melaporkan setiap hari perkembangan masyarakat di desa, utamanya warga yang baru datang atau yang hendak bepegian. Laporan itu akan saya teruskan ke Pak Bupati setiap hari,” ungkap Camat Bula, Hadi Rumbalifar kepada Radio Republik Indonesia di Bula, Kamis (02/04).

Langkah ini diyakini cukup efektif disamping upaya lain yang sedang dan akan dilakukan dalam rangka mencegah masuknya virus corona. Dengan melaporkan secara rutin perkembangan warga di desa baik mereka yang datang dari luar daerah maupun yang  hendak bepergian ke luar SBT  akan sangat membantu pemerintah daerah melalui Tim Gugus Tugas dalam mengambil tindakan. Warga yang datang dari daerah pandemi, diawasi ketatat perkembangan kesehatannya. Jika terdapat gejala awal, dikoordinasikan segera untuk mendapat perhatian dan penanganan langsung Tim Gugus Tugas Covid 19, baik diperiksa lebih dahulu atau pun menjalani isolasi mandiri.

Disamping rutin memantau dan melaporkan perkembangan warga melalui peran kepala desa, pemerintah Kecatamatan Bula juga tengah gencar melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke semua kawasan permukiman. Kamis kemarin diterjunkan lima puluh petugas gabungan terdiri dari anggota polisi dari Polsek setempat, anggota Koramil dan perwakilan Fospem Bula.

Semprotan disinfektan ini dumlai dari kawasan padat penduduk, diantaranya Pantai Pos, Pasar Baru dan Pantai Tikus. Kawasan lain seperti Jalan Masohi, Kelapa Dua Puncak, Kampung Jawa dan lainnya kebagian pada hari berikut. (YK).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00