Ditangan Green Moluccas, Sampah Berubah Menjadi Uang dan Emas

KBRN:Ambon- Biasanya sampah sering diabaikan begitu saja, namun berbeda dengan komunitas Green Moluccas.  Di tangan komunitas ini, sampah dapat berubah menjadi uang, sembako, alat tulis, seragam sekolah bahkan emas. 

Pendiri Green Moluccas, yang juga Kepala Instalasi Pengelolaan Sampah Terpadu Toisapu, Irene Sohilate menjelaskan penukaran sampah dengan uang, sembako dan emas merupakan program Bank Sampah Ambon Hijau yang dibuka umum untuk siapa saja yang peduli dengan lingkungan, mulai dari anak- anak hingga ibu rumah tangga.

"Green Moluccas punya program tahun ini adalah  bank sampah Ambon Hijau. Datang bawa sampah tukar dengan uang, bisa juga dengan sayur satu ikat. Kalo anak -anak bisa tukar dengan poin lalu pilih mau buku tulis atau seragam sekolah. Kalo ibu rumah tangga bisa tukar dengan emas satu gram, lima gram atau sepuluh gram,"jelaa Irene, Rabu (26/02/2020).

Kepala Instalasi Pengelolaan Sampah Terpadu Toisapu itu mengaku, bank sampah juga melayani kredit yang dibayar menggunakan sampah. 

"Kita juga layani kredit yang akan dibayar dengan sampah hingga lunas,"tuturnya. 

Saat ini kata Irene, Green Moluccas telah memiliki satu bank sampah sentral dan sejumlah bank sampah binaan yang ada di daerah Lateri  dan daerah Skip Kota Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00