Suksesi Pilkada Damai, Kapolres SBT Rangkul TNI dan Pemda Doa Bersama

KBRN, Bula : Mengawali tugas pengamanan menuju Pilkada serentak 2020, Kapolres Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku AKBP Adolop Bormasa menginisiasi kegiatan doa bersama. Tidak tanggung-tanggug, kapolres menghadirkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdullah Latuapo untuk memberikan tauziah sekaligus memimpin doa bersama.

Kegiatan doa bersama  dipusatkan di halaman Mapolres SBT Jalan Trans Seram Kota Bula, Selasa (14/01/2020), dihadiri Kapolres SBT AKBP Bormasa dan jajaran, Perwira Penghubung Kodim Masohi Mayor Inf M. Mahubessy dan jajaran TNI, Sekda SBT Syarif Makmur dan Pimpinan OPD, Ketua DPRD SBT Noaf Rumauw dan anggota, Kepala Kejaksaan Negeri SBT dan staf, Ketua PN Hunimoa dan Staf, Ketua PA Hunimoa dan staf, Komisioner KPU dan Bawaslu SBT, Pimpinan Umat Beragama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh pemuda dan anak-anak Pesantren.

Meski tidak dihadiri Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Fahry Husni Alkatiri, doa bersama berlangsung hidmat dan lancar. Ketua MUI dan pimpinan umat beragama mendoakan Pilkada SBT berjalan dengan lancar, aman, damai dan demokratis, sesuai dengan harapan masyarakat Negeri Ita Wotu Nusa.

Kapolres SBT AKBP Adolop Bormasa dan jajaran, Perwira Penghubung Mayor Inf M. Mahubessy dan jajaran TNI, Sekda SBT Syarif Makmur dan Pimpinan OPD, Ketua DPRD SBT Noaf Rumauw dan anggota, Komisioner KPU dan Bawaslu SBT, Pimpinan Umat Beragama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh pemuda dan anak-anak Pesantren.

Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo dalam tauziahnya menekankan pentingnya menjaga dan merawat keberagaman dalam kehidupan bermasyakat, berbangsa dan bernegara tanpa memandang suku, ras, agama dan bahasa. Ia menyebut mereka yang tidak menghargai perbedaan sebagai orang yang berpikiran dangkal dan tak patut hidup di tengah-tengah masyarakat yang pluralis.

Kapolres SBT AKBP Bormasa dalam sambutannya menegaskan, maksud dan tujuan dari kegiatan doa bersama adalah wujud dari respon polres terhadap eskalasi politik yang mulai menghangat menjelang Pilkada serentak yang dijadwalkan berlangsung pada September 2020.

 "Sesuai dengan PKPU Nomor 16 Tahun 2019, pada bulan Januari ini  KPU sudah akan melakukan pentahapan  pilkada dan pasti satu dengan  yang lain akan bersenggolan. Olehnya itu, saya ajak Ketua MUI Provinsi Maluku untuk datang memberikan pencerahan atau tausiyah kepada kita, agar kita tidak saling merusak meski beda pilihan," sergah kapolres.

Sebelumnya, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Syarif Makmur menyampaikan terima kasih kepada kapolres dan stakeholder terkait atas penyelenggaraan Doa Bersama Dalam Rangka Cipta Kondisi. Bupati menilai kegiatan doa bersama seperti ini secara teoritis dapat dikatagorikan sebagai konsep pembangunan yang memanusiakan manusia.

Perwira Penghubung Kodim 1502 Masohi Mayor Inf M. Mahubessy juga menyampaikan apresiasi kepada kapolres dan jajarannya atas terlaksananya doa bersama. Ia juga menyampaikan penghargaan kepada Ketua MUI dan seluruh undangan yang antara lain dihadiri mantan Pejabat Bupati A.G. Wokanubun, mantan bupati dua periode Abdullah Vanath dan mantan anggota DPR RI Hj Rohani Vanath.

"Ini momen kebersamaan dan persatuan kita, terutama antara anggota TNI - Polri bersama Pemda,  tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kita hadir disini untuk mendoakan agar di pelaksanaan pilkada di tahun 2020 ini nantinya berjalan dengan aman dan lancar," tuntas Mahubessy.

Inisiator Coffee Morning

Kiprah Kapolres SBT AKBP Adolop Bormasa di Negeri Ita Wotu Nusa sejauh ini banyak mendapat respon positif dari masyarakat. Selain responsif dalam menanggapi berbagai isu, mantan Kapolres Kepulauan Aru ini hadir dengan format-format baru yang ampuh mendekatkan TNI - Polri dengan masyarakat. Format baru yang dimaksud adalah kegiatan coffee morning.

Coffee morning dikemas dalam bentuk bincang-bincang santai di rumah-rumah kopi, dengan meng-upgrade isu-isu kekinian yang berhubungan dengan kemaslahatan hidup orang banyak. Coffee morning tidak dipusatkan di satu tempat, tapi berpindah-pindah karena disesuaikan dengan kapasitas yang hadir dan berat ringannya isu-isu yang dibahas.

Dari sekian kegoatan coffee morning yang diinisiasi Kapolres SBT dan Dandim Persiapan Bula, antara lain coffee morning bersama altivis OKP, OKPi dan KNPI, coffee mprning bersama insan pers, serta coffee mprning bersama stakeholders terkait. (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00