Peroleh Sertifikat Tanah dari BPN, Lapas Geser Siap Direlokasi ke Bula

KBRN,Ambon: Setelah melewati beberapa proses pemberkasan untuk balik nama sertifikat, Badan Pertanahan Nasional  Kabupaten Seram Bagian Timur (BPN SBT) resmi menyerahkan sertifikat tanah hibah untuk relokasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Geser.

Penyerahan sertifikat dilakukan langsung Kepala BPN SBT, Rury Irawan  kepada Kepala Lapas Geser, Idris Kilkoda. Penyerahan sertifikat berlangsung di Kantor BPN SBT, Senin (8/8/2022)

Sebelumnya, sertifikat ini masih atas nama  Pemerintah Kabupaten SBT dan diserahkan pada Agustus 2021, kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kalapas Geser memantau dan turun tangan  langsung untuk mengurus segala proses balik nama, mulai dari pemberkasan awal, koordinasi dengan pihak BPN, hingga pengukuran lahan.

"Alhamdulillah, semua proses panjang yang sudah dilewati terbayar. Sertifikat sudah diperoleh, tinggal diserahkan ke kantor wilayah untuk pengusulan,"ungkap Idris.

Sertifikat yang telah diperoleh Lapas Geser kemudian akan diserahkan ke Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku untuk diusulkan agar relokasi Lapas Geser dari Kecamatan Seram Timur ke  Bula Kabupaten SBT bisa segera terlaksana.

Idris mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN atas kerja keras dalam pengurusan balik nama. Ia berharap relokasi Lapas tidak menemui kendala.

"Terimakasih kepada Pak Rury dan seluruh jajaran atas kerja kerasnya, semoga pemidahan Lapas dari Geser ke Bula bisa terlaksana secepatnya,"ucap  Idris.

Sementara itu, Rury Irawan,  Kepala Kantor BPN SBT mengatakan, proses balik nama ini terbilang cepat mengingat beberapa kali dilakukan pengukuran ulang karena posisi lahan yang di ukur berbatasan langsung dengan lahan orang lain.

"Ini tidak terlepas dari koordinasi yang baik Kalapas Geser terkait pengurusan lahan. Janji kami agar proses balik nama berjalan cepat bisa terlaksana,"tandas Rury.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar