Pemda Buru Gandeng Iqra Buru Tangani Sungai Anahoni

KBRN, AMBON : Pemerinta Daerah (Pemda) Kabupaten Buru, Maluku telah berkordinasi dengan Universitas Iqra Buru untuk menyikapi berubahnya warnah sungai Anahoni yang berada di kawasan pertambangan emas Gunung Bota menjadi biru. 

“Terkait itu, kami sudah berkordinasi dengan pihak Iqra Buru. Kita akan gelar rapat besok, untuk mengambil langkah,” ungkap Penjabat Bupati Buru, Djallaludin Salampessy kepada RRI via selulernya, Minggu (7/8/2022). 

Dia menjelaskan, dengan menggandeng Iqra Buru maka akan bersama melakukan penelitian terkait berubahnya warna sungai Anahoni tersebut. 

Menurutnya, hingga saat ini Pemda Buru belum mengambil sikap dengan turun ke lapangan. Namun, beredarnya fenomena itu di media sosial maka akan disikapi secepatnya agar tidak menjadi masalah lebih besar. 

“Kita akan gelar rapat besok. Ini akan kita sikapi agar tidak berdampak buruk kedepan. Tentu hingga saat ini, kita belum lihat. Nanti kita pastikan langsung bersama Iqra Buru,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Viral di media sosial, sungai Anahoni yang berada di kawasan tersebut berubah warna menjadi Biru seperti warna pertalite. Belum tau penyebnya. Namun, penampakan berubahnya warna air sungai ini membuat warga ketakutan. 

Fenomena ini sama halnya terjadi pada 2018 lalu. Kalah itu, sungai Anahoni mengalamai pencemaran akibat limba merkuri yang berasal dari aktivitas penambangan emas secara ilegal di kawasan tersebut. 

Pemerintah saat itu langsung melakukan normalisasi. Karena akibat dari pencemaran itu tentu mengancam ekosistem, maupun sumber daya hayati laut di sekitar perairan pulau Buru karena sungai tersbeut mengalir hingga ke laut. 

Dalam video berdurasi 46 detik yang beredar luas di media sosial, dan juga diterima media ini, seorang warga mengabadikan jernihnya sungai itu telah berubah warnah menjadi biru. Vidonya ini diambil Kamis (4/8/2022).

Saat pengambilan gambar, terlihat seorang lelaki menyampaikan kekecewaanya. Ia menyebut, sungai tersebut sudah berubah warna seperti pertalite. “Sungai su Biru sama dengan pertalite saja ini,” sebut dia saat pengambilan gambar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar