Pegawai Lapas Saumlaki Donorkan Darah untuk Warga Binaan

KBRN,Ambon:  Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki membantu mendonorkan darahnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana yang sedang sakit dan membutuhkan darah.Warga binaan di lapas ini  dengan inisial EL telah dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Magretty Saumlaki, sejak satu minggu yang lalu.

Hasil diagnosa hemoglobin (Hb) EL sangat rendah dan  ia membutuhkan donor darah golongan B.EL telah mendapatkan dua kantong darah dari pendonor sebelumnya dan masih memerlukan satu katong darah lagi untuk didonorkan.

Yosina Van Harling, salah satu petugas jaga Lapas Saumlaki saat dikonfirmasi bersedia mendonorkan darahnya kepada warga binaan tersebut. Sebelum didonorkan, pendonor diobeservasi dan diperiksa kondisi kesehatannya.

Yosina mengungkapkan bahwa perannya sebagai petugas Pemasyarakatan bukan hanya menjaga dan membina, namun juga dapat membantu sesama.

"Sisi kemanusiaan kitalah yang menentukan bahwa peran kita tidak dibatasi sekadar menjaga ataupun membina. Mereka adalah bagian dari keluarga kita dan  wajib saling membantu dan mendukung jika  mengalami masa-masa sulit,"ungkapnya, Selasa (5/7/2022)

Pada kesempatan berbeda, Kepala Lapas (Kalapas) Saumlaki David Lekatompessy mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh salah satu pegawainya.

"Golongan darah B memang sulit untuk didapat dan stok pada RSUD setempat masih kosong. Syukurlah EL bisa mendapatkan pendonor. Saya berharap EL setelah menerima donor darah, Hb-nya meningkat dan kondisinya lebih baik,"harap  David

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar