Sidang Online di Saumlaki Terkendala Jaringan Internet

KBRN,Ambon: Tingkatkan pelayanan kepada Tahanan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki fasilitasi pelaksanaan sidang online kepada  Tahanan Kejaksaan Negeri Maluku Barat Daya.

Bertempat di ruangan admisi dan orientasi, sidang online kali ini diawasi oleh Azis Setyo Nugroho,  pengawal tahanan dan didampingi Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Admisi dan Orientasi serta staf.

Kasubsi Admisi dan orientasi, David Philippus, menerangkan bahwa selama masa pandemi,  pihaknya telah berkoordinasi dengan  Kejaksaan Negeri Maluku Barat Daya, Kejaksanan Negeri Kepulauan Tanimbar serta Pengadilan Negeri Saumlaki untuk dapat melaksanakan sidang online, namun ketersediaan jaringan internet menjadi alasan utama, sehingga pelaksanaannya masih tertunda.

"Ketersediaan jaringan internet lebih khusus untuk daerah perbatasan seperti Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan tantangan yang harus kita hadapi," ujar David,Jumat (1/7/2022)

Namun, berbagai cara  akan diupayakan Lapas Saumlaki agar pelaksanaan sidang online dapat terlaksana dengan baik. Ini adalah bagian dari pelayanan kepada tahanan, sekaligus  langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di Lapas Saumlaki.

Pada kesempatan berbeda, David Lekatompessy, selaku Kepala Lapas (Kalapas) Saumlaki memberikan apresiasi untuk jajarannya yang terus mencari solusi untuk dapat melaksanakan sidang online.

"Kami terbatas dalam akses internet, juga sarana prasarana pendukung, namun jangan jadikan itu alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada tahanan," ungkapnya.

Dengan kondisi demografi Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya yang merupakan daerah kepulauan, lewat sidang online dapat mempermudah akses dan mengurangi beban biaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar