Saat Dilatih Baris Berbaris, Ada Napi yang Masih Kaku Menghadap Kanan dan Kiri

KBRN,Ambon:  Meningkatkan  kepribadian narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui pembinaan sikap dan disiplin, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, Kabupaten Buru,  memberikan edukasi seputar Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

Bertempat di lapangan olahraga lapas ini, sebanyak 85 orang warga binaan mengikuti pelatihan yang diberikan langsung oleh petugas.

Sebelum memulai pelatihan, Iswan Ternate membagi  warga binaan menjadi beberapa regu. Selaku instruktur, ia menjelaskan pelatihan PBB merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan yang dapat meningkatkan kedisiplinan dan mental, sehingga terbentuk sikap tertib dan bertanggungjawab.

"Dengan pelatihan ini, dapat meningkatkan jiwa kebersamaan antar sesama warga binaan serta membentuk sikap dan karakter yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Lapas Namlea," ujar Iswan, Kamis (30/6/2022)

Setelah mendengarkan arahan,  warga binaan langsung diberikan materi serta praktik mengenai PBB yang dimulai dari sikap sempurna, sampai dengan variasi gerakan di tempat.

Salah satu warga binaan  inisial R mengatakan, sempat mengalami kendala selama pelatihan, namun akhirnya dapat mempraktekkan beberapa gerakan.

"Saat pertama kali melakukan gerakan, saya masih terlihat kaku seperti hadap kanan, hadap kiri serta jalan di tempat. Namun atas bimbingan petugas yang mengajarkan tentang tata cara yang benar dalam gerakan tersebut, akhirnya saya bisa,"ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Tersih Victor Noya menerangkan bahwa, pelatihan PBB merupakan salah satu program pembinaan kepribadian yang berguna untuk meningkatkan kedisiplinan warga binaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar