Banjir & Longsor Terjang Desa Wulur dan Desa Jerusu di MBD

KBRN, Moa :  Desa Wulur di Kecamatan Damer dan Desa Jerusu di Kecamatan Romang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dilanda banjir dan tanah longsor. 

Dari Informasi yang dihimpun RRI, Kamis (30/06/2022) diketahui, dua desa tersebut dihantam banjir dan tanah longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah MBD selama satu hari. Puluhan rumah warga dilaporkan terendam banjir dan tertimpa tanah longsor. 

Dikonfirmasi wartawan, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD, Karolina Nofita Wakim, mengakui bencana banjir terjadi di beberapa kecamatan. 

Namun dampak yang sangat parah dilaporkan terjadi di dua kecamatan, yaitu Damer dan Romang.

Terkait hal ini, menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD melalui BPBD sementara ini sedang melakukan pendataan dampak banjir, dengan terus melakukan koordinasi bersama pemerintah desa dan kecamatan.

"Sementara ini, kita juga melakukan koordinasi dengan Bupati selaku Kepala Daerah untuk mengambil kebijakan," kata Nofita Wakim, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (30/06/2022). 

Diakui, belum ada bantuan logistik ke dua kecamatan tersebut, karena tidak ada akses transportasi akibat Warning BMKG terkait cuaca ekstrim di Kabupaten MBD.

"BPBD Kabupaten MBD juga telah mengirim laporan terkait bencana di Pusdalops BPBD Provinsi Maluku," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar