Target Pemkot Tuntaskan Persoalan Raja Urimessing di Bulan Ini Dipastikan Meleset

KBRN, Ambon: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse telah memerintahkan Pjs Negeri Urimessing, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Arther Solsolay untuk harus bisa menuntaskan persoalan raja definitif Urimessing pada Juni 2022.

Agus juga mengaku akan mengawal ketat proses itu. Targetnya, pada Juli 2022, Urimessing sudah bisa memproses untuk pelantikan raja di negeri setempat.

Namun, hingga memasuki penghujung Juni, masalah raja di Urimessing belum juga kelar. Saniri pun sampai saat ini belum dilantik. Rencananya pada Jumat pekan kemarin, tapi kembali ditunda karena keberatan dari masyarakat.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafry Taihuttu mengatakan, memang Pemkot telah memberikan deadline waktu untuk masalah ini bisa diselesaikan dalam kurun waktu sebulan. 

Tapi, kalaupun itu tidak bisa diselesaikan sesuai target, berarti ada kendala-kendala yang memang butuh perhatian semua pihak.

"Bukan saja di Urimessing, di beberapa negeri adat juga begitu. Tapi, lewat-lewat sedikit tak apa lah. Yang penting Pemerintah sudah punya keseriusan untuk menuntaskan masalah ini," kata Jafry kepada wartawan di Ambon, Rabu (29/06/2022)

Politisi PDIP itu bilang, jika memang faktanya seperti ini, maka Pemkot harus lebih tingkatkan konsolidasi dan koordinasi dengan para Pjs, camat dan pihak terkait lainnya.

Sehingga komitmen yang sudah dibangun bisa berjalan sesuai harapan. Sebab, masyarakat juga sudah sangat merindukan adanya raja definitif di negeri mereka.

Untuk diketahui, kekosongan kursi raja di negeri Urimessing, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, sudah terjadi belasan tahun. 

Guna menuntaskan masalah tersebut, Sekkot Ambon, Agus Ririmasse memerintahkan Pjs negeri setempat, Arther Solsolay serius bekerja. Waktu yang diberikan pun hanya sebulan.

Jika di Juni ini masalah itu selesai, maka proses pelantikan sudah bisa dilakukan pada Juli 2022 mendatang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar