Maksimalkan Pendapatan, Pemkot Ambon Diminta Perbanyak Tapping Box di Restoran & Hotel

KBRN, Ambon: Anggota DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw meminta Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Ambon untuk memperbanyak alat Tapping Box pada restoran-restoran yang ada di kota setempat. 

Menurutnya, Dispenda sebagai OPD pengumpul, harus melihat ini sebagai kebutuhan. Sebab, dengan tapping box, pemerintah bisa mencegah terjadinya kebocoran PAD khususnya sektor pajak. 

"Kondisi ekonomi sudah membaik. Aktivitas di restoran tak lagi dibatasi. Nah, Dispenda harus usulkan penambahan alat tapping box. Ini penting kalau mau PAD kita maksimal," kata Lucky kepada RRI di Ambon, Selasa (28/06/2022)

Dikatakan, tapping box atau alat perekam di sejumlah restoran dan hotel ini, yang menjadi bukti transaksi itu telah dilakukan. 

Kalaupun ada wajib pajak yang nakal, pasti ketahuan oleh sistem. Makanya, Dispenda harus mengusulkan supaya ada penambahan tapping box dimaksud.

"Kita tak bisa terus diam. Ada yang bisa dimanfaatkan. Kalau memang butuh, usulkan. Kami di DPRD dukung kalau itu berkaitan dengan memaksimalkan pendapatan daerah," tegasnya

Wakil rakyat Kota Ambon dua periode itu menambahkan, sebagai OPD pengumpul,  pimpinan serta pegawainya harus punya inovasi-inovasi terbaru.

Nanti soal anggaran, itu bisa diupayakan bersama. Asalkan OPD mampu untuk meningkatkan pendapatan kepada kas daerah.

"Menunggu datangnya bola itu keliru namanya. Sambut bola itu, biar ada keseriusan ketika bekerja," tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar