Gelombang di Sebagian Perairan Maluku Meningkat

KBRN, Ambon :  Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Maritim Pattimura Ambon kembali mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang di perairan Maluku, Jumat (27/05/2022).

Dari hasil analiasa diprakirakan tinggi gelombang di sebagian besar perairan Maluku meningkat dari katagori rendah menjadi sedang, sehingga warga, khususnya para nelayan, dihimbau waspada dalam melakukan berbagai akitvitas.

Disebutkan BMKG, Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada hari ini, dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan Kepulauan Mentawai, Laut Sulawesi, Perairan barat Sulawesi Tengah dan Selat Lombok bagian utara.

Kondisi itu menyebabkan tinggi gelombang di sebagian wilayah Maluku berpeluang meningkat dari katagori rendah (0,5 - 1,25 meter) menjadi sedang (1,25 - 2,50 meter), yakni : 

*Laut Seram Bagian Barat

*Perairan Pulau Buru 

*Perairan Ambon Lease 

*Perairan Selatan Pulau Seram 

*Laut Banda 

*Perairan Kepulauan Sermata - Leti 

*Perairan Kepulauan Babar 

*Perairan Kepulauan Tanimbar 

*Perairan Kepulauan Kai 

*Perairan Kepulauan Aru 

*Laut Arafuru

Warga diminta tetap waspada dengan terus berkoordinasi dengan BMKG karena tinggi gelombang berpeluang meningkat kapan saja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar