Pasar Wainutu Bakal Diubah Khusus Pasar Buah

KBRN, Ambon : Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diam-diam punya solusi jitu untuk menyikapi masalah pedagang buah yang semakin banyak di Kota Ambon. 

Solusi itu dengan mengubah pasar Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, khusus menjadi pasar buah satu-satunya Kota Ambon. Semua pedagang buah akan ditempatkan di pasar tersebut.

"Ini baru rencana. Tapi, proposal untuk hal ini sudah kami masukan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) di pusat. Kita tunggu saja," kata Kadis Indag Kota Ambon, Sarjhon Slarmanat kepada RRI di Gedung DPRD Ambon, Selasa (25/1/2022)

Menurutnya, proposal yang sampaikan ke Kemendag akan dibahas dan ditela'ah di pusat. Paling lambat, Februari mendatang, Pemkot Ambon sudah bisa mendapatkan jawaban dari proposal dimaksud.

Dikatakan, tujuan penataan pasar Wainitu sebagai pasar buah sehingga bisa menangani seluruh pedagang buah yang tersebar di Kota Ambon. 

Tujuan lainnya, agar pasar Mardika yang saat ini sementara di bangun bisa terbebas dari kepadatan jumlah pedagang. Sebab, Pasar Mardika akan dibuat sebagai pasar modern dan diharapkan menjadi ikon Kota Ambon kedepan.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, Ari Saherian mengaku, sangat mendukung program yang kini diusulkan Pemkot ke Kemendag.

Kendati demikian, Politisi PKB itu meminta agar Pemkot dapat melihat semua pedagang buah di Ambon tanpa terkecuali. 

"Semua pedagang buah harus ditempatkan di Wainitu jika itu sudah terealisasi. Jangan ada pengecualian," pintanya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar