BNNK dan Satresnarkoba Tes Urine Puluhan Napi

KBRN,Ambon: 25 Narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Namlea  ditambah 31 pegawai lapas ini, dinyatakan bebas narkoba.

Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Ilham, menyampaikan, sebelumnya napi dan petugas yang ada menjalani tes urine, kerja sama Lapas Namlea dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buru serta Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Buru.

Secara bergiliran, petugas dan para napi mengisi absensi tes urine yang sudah disediakan dan dilakukan pemeriksaan menggunakan alat skrining urine. Alat ini dapat mendeteksi narkotika dan psikotropika jenis Methampetamine, Methylenedioxy-Methamphetamine, Marijuana, Morphine, Methadone, dan Benzodiaephine.

"Sebanyak 31 petugas setelah dites semuanya menunjukkan hasil negatif. Sementara itu, 25 napi perwakilan dari masing-masing blok yang melaksanakan tes juga menunjukkan hasil negatif," jelas Ilham, Kamis (28/10/2021)

Pada kesempatan tersebut, Ilham menyampaikan betapa sensitif dan berbahayanya narkoba, apalagi di Lapas. Ia berharap kegiatan tersebut dapat mewujudkan Lapas Namlea zero handphone, pungutan liar, dan narkoba.

"Kami berupaya memerangi narkoba. Terlebih dahulu harus petugasnya yang bersih agar kami dapat memberikan contoh baik dan melaksanakan pembinaan terhadap napi dengan optimal," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00