Sarana Perpustakaan Dinikmati Warga Binaan Pemasyarakatan

KBRN,Ambon: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Masohi antusias menambah pengetahuan dan wawasannya dengan mengunjungi perpustakaan "Manusela Brain,”.

WBP terlihat kagum dan betah saat berkunjung dan membaca buku di perpustakaan yang baru diresmikan pekan lalu ini karena sudah diubah dengan konsep dan tata letak masa kini sehingga tetap merasakan perkembangan zaman meski sedang menjalani masa pidana.

Tata letak dan konsep tersebut diprakarsai langsung Kepala Rutan Masohi, Bayu Muhammad.

"Adanya perpustakaan merupakan pemenuhan hak WBP untuk mendapatkan informasi sebagaimana amanat Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pada Pasal 14 ayat 1 poin f yang menerangkan WBP berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa lainnya yang tidak dilarang,"terangnya, Kamis (29/10/2021)

Menurutnya, selain menambah pengetahuan dan wawasan para WBP, perpustakaan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, hiburan, dan pengisi waktu luang selama menjalani masa pidana agar terjaga kesehatan mentalnya.

"Teruslah menambah ilmu pengetahuan dan wawasan seluas mungkin meskipun sedang menjalani masa pidana karena menuntut ilmu tak kenal ruang dan waktu. Kapanpun di manapun tetaplah menambah ilmu pengetahuan,"pesan Bayu.

Ke depan, Rutan Masohi masih akan melengkapi serta menambah buku-buku terbaru dan relevan di perpustakaan dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Maluku Tengah. Tidak menutup kemungkinan juga masyarakat bisa membantu menambah koleksi buku di perpustakaan "Manusela Brain"

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00