Satu Anak LPKA Dipindahkan ke Lapas Wonreli

KBRN,Ambon: Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon pindahkan satu Anak yang telah berusia 18 tahun ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Wonreli di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku.

Anak tersebut tiba di Lapas Wonreli, Kamis (21/10/2021) usai menempuh perjalanan laut selama dua hari dengan pengawalan petugas registrasi LPKA Ambon dan dua anggota Kepolisian Resor Kota Ambon.

Kepala LPKA Ambon, Catherian  Picauly, mengatakan, proses pemindahan Anak kali ini atas dasar permintaan dari keluarga Anak bersangkutan dan pengakhiran masa pembinaan di LPKA karena sudah berusia 18 Tahun.

Pemindahan ini telah melalui dua kali Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) oleh Tim TPP LPKA Ambon, selanjutya disetujui dalam Sidang TPP Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku.

"Sebelumnya, kami juga sudah beberapa kali melaksanakan pemindahan Anak. Bukan karena kelebihan kapasitas atau menghindari gangguan keamanan dan ketertiban, tapi lebih sebagai upaya untuk lebih mendekatkan Anak dengan keluarganya mengingat rata-rata Anak di LPKA Ambon berasal dari luar Pulau Ambon," jelas Catherian.

Ia menambahkan, proses pemindahan Anak tersebut sudah mengikuti standar pengamanan dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Sebelum Anak dipindahkan, telebih dahulu melakukan Rapid Test Antigen di Rumah Sakit Oto Kwik dengan hasil negatif, berbadan sehat, dan pemberkasan secara administratif telah lengkap untuk dipindahkan ke Lapas Wonreli," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00