Cegah Covid-19, Lapas Banda Naira Lakukan Penyemprotan Disinfektan

KBRN,Ambon: Dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal dengan Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banda Naira lakukan penyemprotan Disinfektan di area blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan dan area perkantoran Lapas.

Kegiatan ini dipantau Petugas  Kesehatan Lapas Banda dan Petugas Keamanan. Selain itu, petugas juga mengecek kebersihan dan kerapian kamar hunian WBP. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam proses dekontaminasi membunuh mikroorganisme dan virus bakteri pada objek permukaan benda mati seperti jeruji sel, kursi, lemari, meja, gagang pintu, etalase, dan lain-lain. Cairan disinfektan hanya bersifat sementara.

Oleh karena itu, akan cepat hilang dan tidak akan melindungi seseorang dari virus jika melakukan kontak dengan orang yang sedang sakit.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam Lapas, sterilisasi area Lapas menggunakan disinfektan merupakan langkah yang rutin kami laksanakan.” ungkap  Petugas Kesehatan, Fitah Donggio, Selasa (28/9/2021)

Selain penyemprotan disinfektan, pencegahan lainnya yang rutin dilakukan antara lain screening suhu tubuh, pemberian multivitamin serta masker baik kepada petugas maupun WBP.

Kepala Sub seksi Pembinaan, Rustam Kasoor selalu menghimbau kepada seluruh petugas dan warga binaan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kamar hunian, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu gunakan masker saat beraktivitas.

"Saya berharap agar semua WBP bisa menjaga Kebersihan dan kesehatan kalian masing-masing karena  perawat kami pun rutin turun ke lapangan untuk mengecek kesehatan WBP," tuturnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira, Hamdani menyampaikan kepada seluruh petugas yang memasuki area Lapas harus tetap menerapkan mekanisme kesehatan dari protokol Covid-19. Cuci tangan sebelum melewati pintu Penjaga Pintu Utama (P2U) serta pengecekan suhu tubuh.

"Yang terpenting wajib pakai masker ketika memasuki kantor, karena kantor kita merupakan area wajib pakai masker,"tegasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00