Peringati HKG PKK, Pemkab MBD Dukung Pemberdayaan Perempuan

KBRN, Moa : Tim Penggerak PKK Kabupaten (TP-PKK) Maluku Barat Daya (MBD), Kamis (22/07/2021), melaksanakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-49 dengan tema " Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju". Peringatan Hari PKK dipusatkan di Ruang Serbaguna Tiakur, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati MBD, serta dilaksanakan secara protokol kesehatan.

Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK sejatinya diperingati setiap tanggal 4 Maret. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, kegiatan ini baru dapat dilaksanakan pada Kamis, 22 Juli 2021 atau satu hari setelah Peringatan HUT MBD yang ke - 13.

Ketua TP-PKK MBD Ny. Relly A. Noach, membacakan sambutan Ketua TP-PKK Pusat mengatakan, HKG PKK merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program PKK. 

Peringatan HKG memberikan arti bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa  dalam satu tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Pelaksanaan HKG Ke-49 ini, kata Relly, mengangkat tema " Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju". 

Pelopor perubahan yang dimaksud adalah PKK mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan yang berkomitmen.

Menurutnya, Gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.  

Saat ini, tambah Relly, gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa sejak merebaknya pandemi Covid-19.

“Kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M, pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak  Covid-19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini adalah salah satu peran aktif PKK” ungkap Relly.

Diakui, pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia maju, sampai sekarang masih diperhadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks, terutama terkait isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi Covid19, kerusakan lingkungan serta isu lainnya. 

Hal tersebut menegaskan bahwa keterkaitan Program PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan nasional maupun daerah. 

Senada, Bupati MBD Benyamin Th. Noach dalam arahan singkatnya menegaskan bahwa PKK dibentuk dengan tujuan untuk memberdayakan kaum perempuan, dengan keyakinan bahwa negara hadir untuk rakyatnya. Lanjut Bupati, Pemerintah Daerah mendukung penuh kegiatan PKK dari tingkat teratas sampai ke desa-desa melalui program pemberdayaan-pemberdayaan kepada masyarakat dan mendorong agar masyarakat dapat hidup sehat.

"Semoga PKK tetap jaya, maju dan berguna bagi masyarakat Maluku Barat Daya," demikian Bupati Benjamin Noach. (Nia/AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00