Kejari Buru Maksimalkan Pengawasan Dana Desa

KBRN,Ambon: Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buru,Muthadi menekankan kepada seluruh Kepala Desa, agar berkomitmen memaksimalkan penggunaan dana desa sesuai kebutuhan dan untuk kepentingan masyarakat dalam mendukung perkembangan perekonomian, dan pembangunan di desa.

"Kita sangat berharap, Pemerintah Desa di Buru maupum di Buru Selatan, dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa betul-betul diarahkan dan bersentuhan dengan kepentingan dan kemaslahatan masyarakatnya," tegas Muthadi kepada RRI Ambon, Senin (14/6/2021)

Ia juga mengimbau agar penyusunan alokasi dana desa  terutama APBDes, mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat, agar sesuai dengan aspirasi dan kepentingan warga sehingga programnya pro rakyat.

Selanjutnya, agar terhindar dari tindak pidana korupsi, Kepala Desa dan aparat desa jangan sampai memiliki niat menggerogoti dana desa dari awal perencanaan hingga tatanan pelaksanaannnya.

"Jangan terjerat pada penyelewengan penggunaan dana desa. Betul-betul ikuti aturan-aturan yang ditetapkan, apalagi aturan dari pusat hingga daerah sudah ada,"pinta Muthadi.

Terkait evaluasi, ia mengatakan bahwa tim Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) juga turut melakukan audit setiap saat terkait pengelolaan dana desa di Kabupaten Buru dan Buru Selatan.

"Memang masih banyak kekurangan terutama terkait pertanggungjawaban keuangan. Beberapa hal pemicunya, kemungkinan diantaranya terbatasnya kemampuan secara teknis mengelola dan membuat pertanggungjawaban. Ini yang harus dibenahi,"sarannya  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00