Puluhan Desa di Ambon dan Seram Lebaran Dahului Pemerintah

screenshot_20210513_013231_video_player.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Ambon : Warga Negeri Tengah-Tengah Kecamatan Salahuttu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) di Pulau Ambon, Rabu (12/05/2021), menggelar Shalat Ied di Masjid Annikmah. 

Selain Tengah-Tengah, warga Negeri Seith, Hila, Kaitetu dan Wakal di Jazirah Leihitu Pulau Ambon, juga melaksanakan Shalat Ied di masjid masing-masing.

Sementara di Kabupaten Seram Bagian Timur, sebagian negeri-negeri di Kepulauan Gorom dan pesisir Seram Bagian Timur, juga melaksanakan Shalat Ied pada hari yang sama.

Namun sehari sebelumnya, beberapa kampung di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) seperti Desa Buano Kecamatan Huamual Belakang, telah melaksanakan Shalat Ied.

Pada hari itu juga, warga Negeri Masawoy, Ulima dan Kampung Baru di Pulau Ambalauw Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan beberapa kampung di Kabupaten Seram Bagian Timur, juga melaksanakan Shalat Ied.

Bukan tanpa alasan beberapa negeri di Pulau Ambon dan Seram melaksanakan Shalat Ied mendahului pemerintah. Pasalnya, jauh sebelum terbentuknya negara Indonesia, setiap kampung di Maluku memiliki penanggalan Hijriah yang diwariskan turun temurun.

Kalendar hijriah tersebut biasanya dipakai dalam dalam penentuan bulan Ramadhan, 1 Syawal, maupun Hari Raya Idul Adha, di samping melihat bulan tentu saja. 

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Abdullah Leurima
  •   Tanggal : 12 Mei 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00