Konser Virtual "Dengan Cinta Merawat Indonesia" akan Digelar BPNB Maluku-Malut

Kepala BPNB Maluku dan Maluku Utara, Rusli Manorek-foto Syahirah/RRI Ambon

KBRN, Ambon: Konser secara virtual atau online,untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020  ini,  siap digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku dan Maluku Utara (Malut).

Dengan Cinta Merawat Indonesia, inilah tema konser  virtual yang diusung BPNB, sebagai wujud merawat kebinekaan, keberagaman  Indonesia, sekaligus mendukung kreatifitas  serta  produktivitas seniman di daerah, meskipun ditengah Pandemi Covid -19.

Kepala BPNB Maluku dan Malut,  Rusli Manorek menjelaskan, pihaknya sudah sering menggelar konser virtual. Namun kali ini, kemasannya berbeda, karena menggambungkan semua genre, dengan kombinasi tarian, teatrikalisasi puisi dan ada juga musikalisasi puisi. 

"Persiapan  sudah dilakukan, dengan menggandeng tim musisi, kemudian ada pewara, penyanyi, musikalisasi puisi, teatrikal, group Hawaian dan sanggar di Ambon  yang menampilkan karya yang baru.  Pertunjukan mereka ini, siap diekspos  dalam konser virtual, puncaknya pada 10 November mendatang  ,"jelas Rusli, Selasa (21/10/2020) pagi.

Menurut Rusli, konser ini disesuaikan dengan kondisi millenial dan tidak statis,  tapi tetap mempertahankan kearifan lokal dan tradisi. Dengan konser, pihaknya  ingin ada warna baru, memacu semangat masyarakat Maluku  terutama para seniman, untuk terus berkarya dan tetap semangat.

Konser virtual  rencananya akan  dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, langsung dari Jakarta. Rusli menambahkan, acara ini adalah suatu kegiatan yang positif karena dapat memupuk kebersamaan dan bisa merajut kebudayaan dari seni Tari Tradisional, serta meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air. 

 "Kita berharap dengan dilaksanakan acara ini, generasi muda  bisa mencintai budaya daerah," tutupnya (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00