Masyarakat Banda Sambut Peserta TdM dengan Kora Kora

KBRN, Ambon : Even Tour de Moluccas (TdM) seri 2 tahun 2021, dimulai dengan kegiatan tour ke Pulau Banda yang dikemas dalam bentuk Enjoy Banda.Even olahraga wisata yang diikuti 75  gowes ini, mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bandaneira Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Ketua DPD Assosiasi Tour and Travel Maluku C. Riuwpassa dihubungi RRI mengatakan, masyarakat Banda Naira menyambut gembira kedatangan peserta TdM dengan perahu Kora-Kora dan Tarian Tradisional Petik Pala.

"Saat kapal masih di laut, mereka disambut dengan perahu Kora Kora. Setelah turun, mereka disambut dengan Tarian Petik Pala. Seluruh Muspika dan masyarakat Bandaneira mendukung Tour de Moluccas," ujar Riuwpassa.

Hal yang sama disampaikan oleh Syaiful,  Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Maluku. Namun ia menyarankan agar Tour de Moluccas seri berikutnya dikemas lebih Wow agar gaungnnya semakin mendunia.

"Maunya sih lebih wouw lagi untuk tahun-tahun berikutnya," ujar Syaiful.

Selama di Banda, peserta TdM tidak melakukan balap sepeda. Mereka lebih enjoy berjalan keliling Pulau Banda, sambil menikmati wisata sejarah, seperti di Istana Mini, Rumah Bung Hatta dan Tokoh-Tokoh Pergerakan Indonesia, Benteng Belgica, dll.

Mereka juga melakukan diving dan snorkeling di spot-spot penyelaman seperti di sekitar Pulau Gunung Api dan Pulau Syahrir. Para pembalap, dilaporkan sangat enjoy karena berkesempatan menikmati keindahan Kepulauan Banda. 

Tour de Moluccas seri 2 tahun ini dibuka Kapolda Maluku Irjen Polisi Refdi Andri. Tour dimulai dengan Enjoy Banda, sebelum balapan sepeda di Kota Tual dan Langgur Maluku Tenggara.

Dari Tual, peserta Tour de Moluccas akan melanjutkan balap sepeda keliling Pulau Ambon, dimulai dari Gong Perdamaian Dunia menuju Jembatan Merah Putih, kemudian ke Hitu, Mamala Morela, lanjut ke Salahutu melewati Liang, Waai, Tulehu, Tengah Tengah, Tial dan Suli, kemudian melintas ke Leitimur Selatan hingga finish di Gong Perdamaian Dunia.

Sesuai agenda, Menteri Prawisata  Salahuddin Uno yang turun ke Kota Tual dan Maluku Tenggara untuk membuka Pesona Meti Kei, akan menyambut kedatangan peserta Tour de Moluccas di Kota Ambon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00