Festival Pesona Meti Kei Bangkitkan Pariwisata Maluku

KBRN,Ambon: Pemerintah Provinsi Maluku optimistis akan mampu mengembangkitkan kembali sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) yaitu salah satunya melalui kegiatan Festival Pesona Meti Kei (FPMK).

"Tentu harus optimistis. Sebab kami memandang untuk memulihkan ekonomi yaitu dengan menggiatkan kembali aktivitas kepariwisataan. Salah satunya dari Festival Pesona Meti Kei ini, sehingga ke depan dapat menarik kunjungan wisatawan ke Maluku,"tandas Wakil Gubernur (Wagub) Maluku,  Barnabas Nathaniel Orno saat membuka karnaval budaya di Stadion Maren Langgur, Sabtu (23/10/2021).

Karnaval ini merupakan rangkaian acara dalam Festival Pesona Meti Kei yang akan berakhir  pada 28 Oktober 2021.Menurut  Wagub, Festival Pesona Meti Kei merupakan agenda akbar pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, diselenggarakan sejak 2016 lalu. Festival kembali digelar tahun ini, sekaligus membangkitkan kembali aktivitas kepariwisataan dan perekonomian masyarakat setelah terpuruk imbas dari pandemi Covid-19.

"Event ini masuk dalam kalender pariwisata nasional pada tahun 2021, yakni Kalender Event Nusantara  atau KEN,"jelas Wagub.

Festival Pesona Meti Kei digelar mengutamakan Protokol Kesehatan. Untuk mencegah kerumunan, festival ini dilaksanakan secara hybrid, kombinasi tatap muka dan daring.

Beragam kegiatan mengisi festival tahunan yang sudah dilaksanakan lima kali,  diantaranya Talkshow Harmoni Festival Pesona Meti Kei, karnaval budaya, lomba layangan, futsal extreme, lomba dayung, hopping islands atau jelajah pulau-pulau, wer warat atau penangkapan ikan secara tradisional, dan Tour de Mollucas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00