Sidang Lanjutan Perkara Kompol Cam Latarissa Diwarnai Keberatan PH

KBRN, AMBON : Sidang lanjutan perkara pengrusakan bangunan milik orang lain dengan terdakwa oknum Perwira Polda Maluku, Kompol Cam Latarissa, kembali  digelar di Pengadilan Negeri  Ambon,  Rabu, (29/6/2022).

Sidang dipimpin Ketua Majelis hakim Orpa Marthina, SH,  didampingi dua  hakim anggota lainnya.

Sidang berlangsung singkat, karena  sempat diwarnai dengan keberatan dari kuasa hukum terdakwa,  Hamdani Laturua dan Pistos Noija yang belum menerima berkas dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU),  Ella Ubleuw/Palapia. 

JPU mengakui kelalainnya,  sambil  menegaskan bahwa meskipun dakwaan belum diserahkan  kepada terdakwa,  akan tetapi  dakwaan  telah dibacakan  di ruang sidang pengadilan pada sidang sebelumnya,   yang juga didengar dan diakui serta diterima oleh terdakwa saat  ditanyakan oleh majelis hakim.

Menariknya, dalam kesempatan itu  hakim justru menegaskan sejak sidang pertama hingga sidang kedua  belum mengetahui apakah terdakwa sudah  didampingi  Penasehat  Hukum (PH). Pasalnya, sejak sidang pertama dengan agenda pembacaan dakwaan, terdakwa hadir tanpa didampaingi  PH. 

Hakim  juga mengatakan,  perkara yang melibatkan oknum Perwira Polda Maluku ini tergolong pendek masa tahanannya,  sehingga harus dipercepat  sesuai jadwal  yang telah ditetapkan. 

 Sidang kemudian ditunda Senin pekan depan dengan agenda pembacaan keberatan yang diajukan secara tertulis oleh kedua penasehat hukum. Selanjutnya Rabu, 5 Juli 2022 sidang digelar dengan agenda pemeriksaan saksi. 

Terdakwa yang tampil menggunakan   kemeja lengan panjang digulung tangannya serta celana panjang jeans biru, didampingi kedua PH,  nampak  keluar ruangan dengan kondisi wajah  tertunduk  lesu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar