Kasasi Gasperz Ditolak MA, KPU Sudah Harus Tetapkan Lewerissa Anggota Dewan Terpilih

KBRN, AMBON : Upaya hukum kasasi yang diajukan Robby B Gasperz ke Mahkamah Agung (MA) RI akhirnya sia-sia. Diketahui, MA menolak permohonan kasasi yang diajukannya.

Putusan MA yang menolak kasasi Robby B Gaspers terhadap, Johan Johanis Lewerissa dan KPU RI itu tertuang dalam risalah pemberitahuan putusan Kasasi kepada KPUD Maluku tertanggal 26 Januari 2022. Surat tersebut beredar di grup-grup watshap.

Sebagaimana diketahui Johan dan Robby adalah caleg DPRD Provinsi dari daerah pemilihan (dapil) Maluku I yang meliputi Kota Ambon. 

Johan Lewerissa merasa dicurangi saat rekapitulasi penghitungan suara dan kasus ini berakhir di MK yang memenangkan Robby B. Gasperzs. 

Tak puas, Johan Lewerissa juga mengadu ke Mahkamah Partai Gerindra.  Setelah memeriksa bukti-bukti dan saksi-saksi, Mahkamah Partai Gerindra memutuskan untuk mengabulkan permohonan Johan Lewerissa.

Gasperz yang tak terima lalu mengajukan upaya hukum ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Upayanya untuk kembali menduduki kursi panas baileo rakyat Karang Panjang Ambon itu naik hingga ke MA. Namun, upaya itu sia-sia. MA menolak permohonan kasasinya.

Dengan demikian, putusan MA tersebut sudah menjadi dasar hukum untuk segera dilakukan pleno penetapan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi Maluku 2019/2024 oleh KPUD Maluku.

"Ya, setelah putusan MA itu turun maka segera disampaikan ke pihak terkait termasuk KPU yang juga sebagai pihak tergugat. Yang selanjutnya, dilakukan pleno penetapan calon terpilih," kata Doktoe Hukum Tata Negara (HTN) saat dimintai tanggapannya oleh RRI Ambon, Jumat (28/1/2022).

Diakuinya, putusan MA itu sudah bersifat final dalam suatu penahanan perkara atau upaya hukum akhir. Sehingga, seyogjanya sudah harus menggelar Pleno terkait dengan usulan penetapan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil Maluku I.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar