Sejumlah Saksi Datangi Mapolres Buru, Diperiksa KPK Terkait Tagop

KBRN, AMBON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang di Pulau Buru. Hadirnya lembaga anti rasua ini untuk maraton melaksanakan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait kasus dugaan gratifikasi yang melibatkan mantan Bupati Bursel, Tagop S Soulissa. 

Pemeriksaan terhadap saksi dilakukan setelah sebelumnya, KPK melaksanakan penggeledahan dan penyitaan terhadap sejumlah dokumen penting di Kantor Bupati dan Rumah Dinas Bupati Buru Selatan (Bursel), Rabu (19/1/2022). 

Pemeriksaa hari ini, Senin (24/1/2022) dilakukan KPK di gedung Mapolres Pulau Buru. Sejumlah saksi kabarnya sudah mendatangi Polres Buru dan sedang menjalani pemeriksaan terhadap saksi-saksi tersebut. Siapa-siapa mereka, belum diketahui pasti. Namun, pemeriksaan tersebut berkaitan dengan dugaan gratifikasi proyek jalan dalam kota Namrole dengan tersangka Tagop Sudarsono Soulisa.

Subbag Humas Polres Pulau Buru, Aipda Djamaludin yang dikonfirmasi membenarkan kehadiran KPK di Polres Buru. 

"Iya benar. Mereka di gedung Reskrim (Polres Buru). Mereka buat apa, saya tidak tau," kata Djamaludin yang dihubungi via selulernya, pagi tadi (Senin). 

Sebelumnya, Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam pres rilis yang diterima media ini, Kamis (20/1/2022) mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan upaya paksa penggeledahan di beberapa lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Buru Selatan, Maluku. 

Penggeledahan tersebut, diduga terkait kasus dugaan gratifikasi proyek jalan dalam kota Namrole dengan tersangka Tagop Sudarsono Soulisa.

“Adapun lokasi dimaksud, diantaranya Kantor Bupati Buru Selatan, Kantor BPKAD dan rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara," ungkap  Ali Fikri.

Selanjutnya, kata dia, dari hasil penggeldahan itu, tim penyidik menemukan dan mengamankan berbagai bukti diantara dokumen beberapa proyek pekerjaan, bukti dokumen lain mengenai dugaan aliran dana yang diterima oleh pihak-pihak yang terkait dengan perkara.

“Seluruh bukti ini, akan di sita dan didalami lebih lanjut dengan mengkonfirmasi ke saksi-saksi yang segera akan di panggil oleh Tim Penyidik,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar