Konsumsi Narkoba, Warga Batu Meja Dituntut 1,6 Tahun Penjara

KBRN, AMBON : Victor Reinhard Wijaya Kainama alias Victor, warga Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon hanya tertunduk lesu saat  dituntut 1,6 tahun penjara. 

Jaksa Penuntut Umum Kejati Maluku, Arsito Djohar,  menilai  Victor terbukti menyalahgunakab narkoba. 

Tuntutan tersebut dibacakan dalam sidang p yang berlangsung di Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (7/12/2021).

Menurut JPU, pemuda 36 tahun ini terbukti mengkonsumsi narkoba,   sebagaimana diancam dengan pasal 127 ayat (1) huruf A Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Meminta kepada majelis hakim  agar menjatuhkan vonis terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 1,6 tahun penjara, serta memerintahkan agar terdakwa tetap di tahan,”pinta JPU  kepada majelis hakim  Mateus Sukusno Aji, didampingi dua hakim anggota lainnya.

 JPU menyebutkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba, sedangkan pertimbangan yang meringankan, terdakwa masih muda dan mengakui semua perbuatan yang dilakukan. 

 JPU dalam berkas dakwaannya menyebutkan, tindak pidana yang dilakukan terdakwa terjadi 3 Agustus 2021, sekitar pukul 21.35 WIT, tepatnya di kost miliknya di Halong Atas, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Penangkapan terdakwa atas informasi dari informan,  bahwa terdakwa sedang mengkonsumsi narkoba di kamar kostnya.

 Atas informasi itu, tim dari Ditresnarkoba Polda Maluku melakukan penggerebekan di kamar terdakwa dan menemukan satu paket sabu ukuran kecil dalam saku celana terdakwa.

Saat diinterogasi, terdakwa mengaku dua paket lainnya masih di simpan di tempat berbeda. 

Atas pengakuan itu, petugas langsung mengamankan terdakwa dan tiga paket sabu ukuran kecil ke kantor polisi untuk di proses sesuai hukum yang berlaku.Usai mendengarkan tuntutan JPU, hakim menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pledoi dari kuasa hukum terdakwa, Herbert Diadara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar