FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksin Covid Jilid II Tiba, Ribuan ASN Telah Dirapid Antigen, 10 Positif

KBRN, Ambon : Sebanyak 1.047 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Maluku telah menjalani Rapid Antigen di tiga lokasi, yakni Belakang Kantor Gubernur Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Karang Panjang Ambon dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi di Waihaong.

Dari ribuan ASN yang sudah menjalani Rapid Antigen hingga Sabtu (23/01/2021), Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Maluku Dony Rerung mencatat sebanyak 10 orang dinyatakan  positif versi Rapid Antigen. 

Mereka yang positif langsung diarahkan menjalani karantina mandiri sambil menunggu hasil uji swab untuk membuktikan apakah mereka  terpapar Covid 19 atau bukan. Ditargetkan pada akhir pekan ini, paling kurang 1500 ASN telah mengikuti Rapid Antigen.

Sementara itu, pada Sabtu sekitar pukul 08.00 WIT, sebanyak 14.920 dosis Vaksin Sinovac tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon. Vaksin tersebut diberangkatkan dengan pesawat Garuda, selanjutnya dibawa ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Maluku dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr Meikyal Pontoh kepada RRI menjelaskan, vaksin-vaksin tersebut masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid 19.

"Nanti kalau semua tenaga kesehatan sudah divaksin, ada sisa, baru diberikan kepada prioritas kedua, yakni pelayanan publik," tegas Pontoh.

Sesuai dengan keterangan Jubir Covid Maluku Dony Rerung, pakar epidemiology telah memperkirakan  puncak positif Covid akan terjadi di Maluku pada bulan Februari. Olehnya, ASN diwajibkan menjalani Rapid Antigen untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00