Tingkatkan Kemitraan, BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop Secara Virtual

KBRN, Ambon : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon  menyelenggarakan Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan  secara virtual dan melibatkan sekitar 700 media di Indonesia, baik nasional maupun daerah.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan hubungan kemitraan BPJS Kesehatan dengan  media  untuk memberikan informasi tentang program JKN KIS dan dirangkai dengan penganugerahan lomba karya jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2020.

Workshop akan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai 22-23 oktober 2020. Hari pertama webinar membahas dua topik, pertama yakni Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS dengan menghadirkan lima narasumber yakni Hasbullah Thabrany (Pakar Asuransi Kesehatan), Yustinus Prastowo (Staf Khusus Menteri Keuangan), Adang Bachtiar (Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Pusat), Kunto Aryan (Wakili Pahala ninggolan -Deputi penceghan KPK) dan Agus Pambagio (Pakar Kebijakan Publik).

Pembahasan topik yang dipandu Deputi Direksi Bidang JPKR ini merujuk kepada pentingnya melakukan management resiko, bagaimana dukungan pemerintah yang nyata dalam JKN-KIS,  Strategi mitigasi dan adaptasi yang dilakukan TKMKB hingga Pengawasan terkait potensi kecurangan pada sektor kesehatan.

Topik kedua  membahas Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19, menghadirkan Raden Pardede (Sekertaris Eksekutif Komite Covid-19), Budi Hidayat (pakar asurasni kesehatan), TB A. Chusni (deputi II Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan). 

Topik tersebut menegaskan bahwa, JKN-KIS memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bahkan ditengah kondisi Pandemi Covid-19. Bahkan dibarengi dengan langkah pencegahan yang dilakoni pemerintah. Namun dimasa pandemi ini, perlu juga mengkritisi    pemanfaatan layanan kesehatan maupun dari segi verifikasi dan juga pembayaran administrasi klaim dari Rumah sakit maupun Faskes Tingkat I.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 Pemerintah menjamin masyarakat yang terkena covid-19 dan BPJS Kesehatan Cabang Ambon wajib atau bertugas melakukan verifikasi klaim Covid yang dilaksanakan oleh rumah sakit atau pelayanan kesehatan di Provinsi Maluku.

"Setelah diverifikasi, akan dikirimkan ke kemenkes dan nanatinya akan dilakukan pembayaran oleh pemerintah pusat kepada faskes yang melayani pasien Covid-19," tandas Pakpahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00