Petugas Karantina Periksa Suhu Badan Bupati SBT

KBRN, Bula : Petugas Balai Karantina Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kamis (19/03/2020) pagi sekitar pukul 08.30 WIT, kembali melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap penumpang KM Fajar Baru yang baru kembali dari Pulau Geser, Gorom dan Keshui di Pelabuban Sesar, Kota Bula. Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang ikut berlayar dengan kapal tersebut ikut diperiksa oleh petugas karantina. 

Dalam kegiatan pemeriksaan yang dikawal aparat TNI - Polri, petugas karantina mengecek suhu badan bupati dengan meletakkan alat pendeteksi di bagian kepala dan sejumlah anggota tubuh. Perlakuan yang sama juga diberikan kepada rombongan bupati dan penumpang, namun tidak ditemukan adanya tanda-tanda Virus Corona menjangkiti penumpang kapal. 

Sebelumnya, dalam pelayaran dari Sorong menuju Raja Ampat Papua Barat dan Kabupaten SBT Selasa lalu, petugas balai karantina didampingi TNI - Polri memeriksa suhu badan seluruh penumpang yang turun di Pelabuhan Sesar. Tujuan dari pemeriksaan itu untuk mensterilkan wilayah SBT dari ancaman Virus Corona atau Covid -19. 

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar dalam arahannya 9 mengingatkan jajaran Polres SBT untuk sigap melakukan pendeteksian secaa dini dengan melakukan pengawasan pada pintu-pintu masuk. 

Menurut kapolres, dirinya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, TNI dan instansi terkait untuk memperketat pengawasan di seluruh pelabuhan, sedangkan untuk Bandara Kufar, dirinya telah berkoordinasi dengan otoritas bandara KKP melalui Kapolsek Tutuktolu untuk menyiapkan alat pendeteksi suhu badan dan cairan anti septik di areal bandara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00