Antisipasi Covid - 19, Penumpang Kapal dari Sorong Diperiksa

KBRN, Bula : Mengantisipasi masuknya virus Corona atau Covid-19 ke Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, Polres SBT mulai memperketat pengawasan di Pelabuhan Sesar Kota Bula. Dalam hal ini, Polres SBT melakukan pendeteksian dengan memeriksa suhu badan semua penumpang yang datang dari luar daerah, termasuk dari Papua Barat.

Seperti yang dilakukan pada Selasa, (17/03/2020) malam sekitar pukul 19.15 WIT, Polres SBT bersama Pegawai Karantina melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan penumpang KM Fajar Baru 08 yang bertolak dari Kota Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat dan SBT.

Personil polres yang diturunkan untuk melakukan pengamanan terdiri dari personil KPPP dan Polairud, sedangkan pegawai karantina yang ditugaskan untuk memeriksa suhu badan semua penumpang sebanyak dua orang. Jumlah penumpang KM Fajar Baru yang diperiksa kurang lebih dua jam tercatat sebanyak 80 orang.

Dalam pemeriksaan mendadak yang disaksikan para penumpang tujuan Geser, Gorom dan Kesui, sempat terjadi ketegangan dan kepanikan akibat beredarnya kasak kusuk tentang virus Corona.

Namun kepanikan warga mereda setelah petugas karantina memastikan tidak ada satu pun penumpang dari Sorong memiliki suhu badan tinggi sesuai dengan gejala-gejala orang yang terinfeksi Codiv - 19.

KM Fajar Baru merupakan salah satu kapal perintis yang melayari perairan Papua Barat, Raja Ampat dan Seram Bagian Timur. Selain Fajar Baru, ada juga KM Sabuk yang rutin melayari perairan Maluku dan Papua Barat, di samping Kapal Pelni KM Pangrango dan Fery.  (AL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00