Imunisasi Harus Tetap Dilakukan Meski Ditengah Pandemi Covid-19

KBRN,Ambon:  Dalam Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati setiap 24-30 Mei ini,  Magdalena Paunno, Dosen Fakultas Kesehatan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM)  menekankan masyarakat perlu memahami pentingnya imunisasi atau vaksinasi.

Imunisasi akui Magdalena merupakan salah satu upaya untuk melindungi diri dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Cara kerja vaksin ini prinsipnya memicu pertahanan tubuh dengan cara memaparkan bakteri atau virus yang sudah dilemahkan agar sistem pertahanan tubuh membentuk proteksi atau antibodi,”papar Magdalena  saat berbicara dalam Dialog Aspirasi Maluku di RRI Ambon, Senin (23/6/2022) pagi.

Magdalena menyebutkan imunisasi atau pemberian vaksin pada bayi atau anak harus tetap berjalan walaupun berada di tengah pandemi Covid-19. Pemberian vaksin dilakukan secara spesifik untuk mengatasi penyakit tertentu. Melalui vaksin diharapkan bisa menekan risiko infeksi berbagai penyakit berbahaya dan mematikan. Misalnya, TBC, difteri pertusis, polio, campak, rubela, cacar air, penumonia oleh HIB dan peneumokokus, hepatitis A, hepatitis B, tifoid, serta meningitis.

"Imunisasi dasar wajib tetap dikerjakan. Misal kondisinya memang tidak memungkinkan boleh ditunda maksimal 1 bulan, tapi sekali lagi sebisa mungkin dilakukan sesuai jadwal,"jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar